logo red
Pembaruan terakhir: Senin, 23 Maret 2020
shade

Senin, 30 Desember 2019 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jneeponto.

Terkait PERMA (Peraturan Mahkamah Agung )RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara elektronik, yang poluler dengan nama E-Court atau pendaftaran (e-filling), pembayaran (e-payment) serta pemanggilan (e-summon) secara online, mulai diberlakukan Tahun 2019. Oleh karenanya Pengadilan Negeri Jeneponto pada hari ini, Senin 30 Desember 2019 menggelar sosialisasi E-Court yang dihadiri oleh para advokat, para Hakim, Aparat Sipil Negara, Perwakilan dari Rutan Jeneponto, Kejaksaan Negeri Jeneponto.

 

Sosialisasi ini dibuka dan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Jeneponto Bapak Arief Karyadi, SH, M.Hum  dan dimentori oleh Bapak Hidayat Maddatuang, SH dari Pengadilan Negeri Makassar yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Pannitera Pengganti Pengadilan Negeri Jeneponto.

E-Court dilatarbelakangi oleh hal-hal yang berkaitan dengan meminimalisir/mempersempit kontak langsung para pihak dengan aparat di Pengadilan, in casu Pengadilan Negeri Jeneponto dalam hal penyimpangan ataupun pelanggaran kode etik.

Selanjutnya diperjelas oleh Bapak Hidayat Maddatuang, bahwa E-Court memberi kemudahan kepada siapapun (online) tanpa harus datang ke Pengadilan, dengana menjunjung tinggi azas sederhana, cepat dan biaya ringan.